27 Tahun

Bismillah….

Di hari jadiku yang ke 20, ada kado istimewa dari si ‘partner Brother Complex”, Bang Ade Iskandar. Kado istimewa itu bukan gadget terbaru atau sekotak cokelat yang biasa kuterima dari kakak atau abang yang lain melainkan sebuah surat elektronik yang berisikan kisah-kisah tokoh Islam di masa mudanya. Beberapa kisah yang dirangkum dalam tulisannya menyebutkan bahwa pemuda-pemuda islam itu telah banyak berkontribusi untuk islam bahkan sebelum usia mereka 20 tahun:

  1. Usamah bin Zaid 18 tahun. Memimpin pasukan yang anggotanya adalah para pembesar sahabat seperti Abu Bakar dan Umar untuk menghadapi pasukan terbesar dan terkuat di masa itu.
  2. Sa’d bin Abi Waqqash 17 tahun. Yang pertama kali melontarkan anak panah di jalan Allah. Termasuk dari enam orang ahlus syuro.
  3. Al Arqam bin Abil Arqam 16 tahun. Menjadikan rumahnya sebagai markas dakwah Rasul Shallallahu’alahi wasallam selama 13 tahun berturut-turut.
  4. Zubair bin Awwam 15 tahun. Yang pertama kali menghunuskan pedang di jalan Allah. Diakui oleh Rasul Shallallahu’alaihi wasallam sebagai hawari-nya.
  5. Zaid bin Tsabit 13 tahun. Penulis wahyu. Dalam 17 malam mampu menguasai bahasa Suryani sehingga menjadi penterjemah Rasul Shallallu’alalihi wasallam. Hafal kitabullah dan ikut serta dalam kodifikasi Al Qur’an.
  6. Atab bin Usaid. Diangkat oleh Rasul Shallallahu’alaihi wasallam sebagai gubernur Makkah pada umur 18 tahun.
  7. Mu’adz bin Amr bin Jamuh 13 tahun dan Mu’awwidz bin ‘Afra 14 tahun. Membunuh Abu Jahal, jenderal kaum musyrikin, pada perang Badar.
  8. Thalhah bin Ubaidullah 16 tahun. Orang Arab yang paling mulia. Berbaiat untuk mati demi Rasul Shallallahu’alaihi wasallam pada perang Uhud dan menjadikan dirinya sebagai tameng bagi Nabi.
  9. Muhammad Al Fatih 22 tahun. Menaklukkan Konstantinopel ibu kota Byzantium pada saat para jenderal agung merasa putus asa.
  10. Abdurrahman An Nashir 21 tahun. Pada masanya Andalusia mencapai puncak keemasannya. Dia mampu menganulir berbagai pertikaian dan membuat kebangkitan sains yang tiada duanya.
  11. Muhammad Al Qasim 17 tahun. Menaklukkan India sebagai seorang jenderal agung pada masanya.

Kebetulan ada yang milad ke 27 tahun hari ini, aku coba melakukan hal yang sama dengan merangkum hal-hal yang jadi anggapan banyak orang tentang usia 27 tahun. Namun, ternyata dari hasil berselancar di dunia maya,27 tahun didentikkan dengan hal-hal yang kurang baik. Nah lho???! (ini mah ga bisa jadi kado).

  1. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Professor Timothy Salthouse dari Universitas Virginia, ruang visualisasi dan kecepatan otak mengalami penurunan di penghujung usia 20an, dimulai saat usia 27 tahun.
  2. Emma Godlen dalam artikelnya yang berjudul “9 Depressingly Real Reasons Why 27 is Your Crisis Year” menyebutkan bahwa usia 27 tahun adalah awal dari sindrom late 20’s di mana kebanyakn orang baru sadar akan kehidupan yang mereka jalani dan seringkali mengalami “full blown panic attack” akibat dari peralihan masa muda ke dewasa.
  3. Di dunia permusikan terdapat istilah 27 club yangmerupakan kumpulan musisi-musisi terkenal yang meninggal di usia 27 tahun seperti Kurt Cobain, Jim Morisson, Amy Winnehouse, dll (btw mereka siapa ya? ga ada yang aku kenal).

Beneran nih tidak ada berita positif sedikitpun dari usia 27 tahun?. Tentunya tidak, banyak hal yang baik terjadi di usia 27 tahun. Misalnya, kisah Mba Debby Novita Andriani yang menjadi Lurah Tanjung Barat, Jakarta Selatan dan Sister Aida Hadzalic, seorang wanita muslim Bosnia yang menjadi Menteri Pendidikan Swedia di usia 27 tahun. Mas Nicholas Saputra pun mengatakn dalam dialognya di Film 3 hari untuk selamanya “Di saat usia 27 tahun, manusia akan dihadapkan dengan keputusan penting yang akan mengubah hidupnya.”

as for me, age is just a number…mau itu 27, 28, 29, dan seterusnya tetap sama fungsinya yaitu untuk beribadah dan meraih ridho Allah. Bertambahnya usia berarti berkurang jatah hidup di dunia dan semakin dekat pada kematian. Tidak perlu menunggu satu tahun hingga berulangnya hari kelahiran, setiap pagi yang berganti pun menunjukkan semakin dekatnya kita pada kematian. Maka selayaknya pagi yang berganti diiringi dengan semangat yang semakin menggebu, semangat untuk berbuat baik, semangat untuk beribadah, semangat berilmu, semangat berislam, dan semangat untuk meraih ridho-Nya.

Tak peduli fungsi otak yang menurun, full blown panic attack yang menyerang, atau peralihan ke adulthood yang mengkhawatirkan, yuk kita jalani bilangan tahun ke depan, yang tidak kita tau batasnya, dengan semangat. SEMANGAT! ^^

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s